HOREEE….

pulang sekolah

pulang sekolah

Jam menunjukkan pukul 11.17 WIB… Tiba-tiba dari PA System sekolah, terdengar suara…

Pengumuman… Kepada Bapak Ibu guru yang sedang mengajar, mohon siswanya diberi tugas dan kemudian segera menuju aula untuk menghadiri rapat dinas…

Hening sejenak… Dan kemudian…

HOREEEE….!!!!

terdengar di seantero sekolah…

Saya mendengar itu semua hanya dapat tersenyum masam . Kenapa anak-anak itu kok senang sekali jika tidak ada pelajaran (karena rapat) ya? Padahal, mereka itu pada pagi hari berangkat ke sekolah dengan penuh semangat loh..

Gurunya juga sama saja. Senang jika jam mengajar terpotong karena ada sesuatu (rapat dll) tapi saya tidak termasuk lo, karena saya senang sekali jika harus ketemu dan berdiskusi dengan anak-anak. Kalau sudah begitu… kenapa masih ke sekolah??? Kan mending tidak usah ke sekolah tuh.

Dulu, saya sempat menginterogasi menanyai anak-anak..

Kalian itu bagaimana sih? Kok senang sekali kalau tidak ada pelajaran…

Dan, mereka menjawab dalam kondisi babak belur hasil interogasi dengan polos

Kan enak, pak… bisa ngobrol dan bercanda dengan teman-teman…

Penasaran, saya tanya lagi sambil mengarahkan lampu sorot ke muka mereka

Lah, kalau kalian nanti tidak lulus bagaimana? Ilmu apa yang akan kalian dapatkan dari sekolah ini nanti? Sebenarnya, apa sih tujuan kalian sekolah??

Mereka terdiam beberapa saat, dan saling pandang, sampai kemudian ada yang menyeletuk…

Biar dapat uang sangu, pak…

Gantian saya yang terdiam seribu bahasašŸ˜¦

Apakah ini sama di seluruh Indonesia? Di setiap sekolah? Ataukah, hanya di sekolah tempat saya bertugas ini? Dan, apakah ini wajar?

Terkadang, jika saya menjumpai hal ini, saya ingin mengatakan; BUBARKAN saja lembaga sekolah!!!

2 thoughts on “HOREEE….

Leave a Reply

