moto pakai hp atau dslr?

moto pakai dslr

moto pakai dslr

Sering sekali, anak-anak jurusan multimedia yang saya ajar ingin ikut sebuah lomba foto. Tapi kemudian tidak jadi. Waktu saya tanya alasannya, biasanya mereka menjawab begini…

Saya hanya pakai kamera hp, pak… saya dak pe-de…

Peserta yang lain pakai kamera dslr, pak… saya hanya punya kamera saku…

Dan, kalau mereka menjawab seperti itu, biasanya kalau tidak sedang bad mood saya akan balik bertanya..

Memang, apa bedanya sih… Foto yang dibuat menggunakan kamera dslr dengan foto yang dibuat menggunakan kamera hp atau kamera saku?

moto pakai hape

moto pakai hape

Kadang, ada yang memiliki keberanian cukup dan menjawab…

Hasilnya kamera DSLR kan lebih bagus, pak… Gambarnya lebih tajam, pixel-nya lebih besar dan… pokoknya SLR lebih bagus, pak…

Padahal… kamera yang sering saya pakai sekarang (EOS 1000D), pixel-nya hanya 10,6 MP. Sementara kamera saku Powershot millik sekolah, ukuran pixel-nya mencapai 12 MP. Fitur Auto White Balance yang dimiliki kamera Powershot itu juga lebih akurat daripada AWB pada EOS 1000D, sehingga banyak (teman-teman guru dan staf TU) yang bilang bahwa hasil jepretan Powershot lebih bagus daripada EOS 1000D😦

Setelah saya sodori fakta-fakta semacam itu, terkadang tapi jarang sekali masih ada yang bilang.

Tapi kalau moto pakai dslr itu kayak gimanaaaa gitu lo, pak… Keren kelihatannya… Kayak yang profesional

😀

Memang, apanya yang tidak keren sih, dari mengambil gambar menggunakan kamera hp? ^-^

Kan bisa bergaya seperti ini nih…

kurang keren?

kurang keren?

Yang perlu diingat adalah… Kamera dslr ataupun kamera saku/hp itu hanyalah alat. Sama saja dengan suthil (alat untuk menggoreng) bagi para ibu rumah tangga yang digunakan untuk membuat telor ceplok. Memangnya, kalau suthil-nya itu besar dan terbuat dari besi kualitas nomor 1, bakal berpengaruh pada bentuk dan rasa telor ceplok yang dibuatnya?😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s