ujian praktek presentasi

praktek presentasi

praktek presentasi

Kemarin (26-09-2012), sebagai bagian dari pembelajaran modul 6 KKPI (mengoperasikan perangkat lunak presentasi), saya menugaskan anak-anak untuk melakukan sebuah presentasi. Yang dinilai, tentu saja, file presentasi yang mereka buat. Tulisan jelas terbaca, mengikuti aturan 6×7 (dalam 1 slide berisi maksimal 6 baris, 7 kalimat), pengaturan gambar yang pas (proporsional & sesuai konteks), serta adanya animasi yang memperhalus jalannya presentasi akan membuat mereka mendapatkan nilai maksimal (A).

Selain penguasaan perangkat lunak presentasi itu, saya juga menilai cara mereka presentasi. Sikap/bahasa tubuh, bahasa yang digunakan, penguasaan materi dan penguasaan kelas.

Permasalahannya, tidak semua anak-anak saya itu memiliki kepercayaan diri yang cukup. Bahkan, hampir semuanya terserang demam panggung. Dari belasan kelompok, hanya 5 orang yang mendapatkan nilai A untuk cara presentasi. Untuk file presentasinya sendiri sih, mereka sudah cukup kompeten. Walaupun, seperti biasa di hampir semua kelas, ada beberapa siswa yang berada di bawah level teman-temannya.

Yah, semoga di kesempatan berikutnya (remidi) mereka akan lebih meningkatkan kompetensinya.

2 thoughts on “ujian praktek presentasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s