beda tangan beda hasil…

Anak-anak SMKN 1 Panji mejeng

Anak-anak SMKN 1 Panji mejeng

Fotonya bagus, pak…

Demikian puji anak-anak saat melihat foto-foto mereka saat memeriahkan acara Launching Program Situbondo Kabupaten Layak Anak kemarin.

Iya, bisa jelas banget tuh ya…

Adalah pujian lain yang sudah biasa saya dengar dari orang-orang yang melihat foto-foto yang saya buat.

Ya iya lah… Kamera-nya bagus gitu…

Tiba-tiba ada yang nyeletuk seperti itu. Saya jadi kecewa mendengarnya. Oke… Hasil foto-foto yang saya buat memang belum kelas mendunia dan mendapatkan hadiah pulitzer. Tapi, masak gambar yang bagus itu karena kameranya yang bagus? Fotografernya kumaha?

Akhirnya, saya meminjamkan disertai ancaman kamera saya kepada anak-anak untuk dipakai. Setingan yang dipakai sama persis, tidak ada perbedaan. Hanya lokasi yang berbeda, namun itu pun saya rasa telah dikompensasi oleh Auto WB dan Auto ISO.

Inilah salah satu hasilnya…

Anak-anak mejeng

Anak-anak SMKN 1 Panji mejeng

Kelihatan kan, bedanya?

Dengan setting yang sama persis, hanya perlu mengatur fokus, hasil yang diperoleh anak-anak ternyata tidak terlalu jelas, alias blur.

Nah, terbukti kan… Bukan kamera yang menentukan kualitas gambar

NB: Ini sama saja dengan kata Mbah saya dulu..

Cobik ben cek-kocek olle padhe… tape, sambel tak kera padhe rassana… 😀

Leave a Reply

