memotret bunga…

mawar

mawar

Memotret bunga itu… susah-susah gampang… Terkadang, bisa dapat hasil yang bagus. Tapi sering sekali saya mendapatkan hasil yang kurang ‘i-yes‘.

Di beberapa buku tentang fotografi, disebutkan bahwa waktu terbaik untuk memotret bunga (outdoor) adalah pada pagi hari (sekitar jam 04.00 sampai 05.30), mendung, setelah hujan, dan sore hari (sekitar jam 16.00 sampai 18.00). Dikatakan bahwa pada waktu-waktu tersebut, warna bunga akan tampil sepenuhnya sehingga foto yang dihasilkan akan lebih bagus daripada foto yang dibuat pada saat bunga itu dikenai cahaya matahari sepenuhnya.
Tapi ini kalau memotret bunga outdoor. Kalau indoor, kapanpun bagus (katanya), yang penting menggunakan cahaya natural (dari jendela/pintu).

Selain memilih waktu yang tepat, dalam memotret bunga (outdoor) juga dibutuhkan kesabaran. Walaupun sudah menggunakan tripod, namun terkadang pada saat kita sudah siap untuk memotret, angin bertiup sehingga bunganya bergerak dan menghasilkan foto yang blur. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk menggunakan shutter speed yang tinggi agar menghasilkan gambar yang freeze dan tajam. Kalau indoor, faktor angin tidak terlalu mengganggu, kecuali jika di ruangan tersebut ada kipas angin yang besar (untuk mengatasinya, tinggal matikan kipas anginnya😛 )

Dari penjelasan tersebut, kelihatan jika memotret bunga lebih baik dilakukan secara indoor. Namun, bunga-bunga yang ada di dalam ruangan tidak terlalu banyak jenisnya. Karena itu, semua tergantung pada kita sebagai fotografernya. Toh, fotografi itu kan karya seni, yang presentasinya dapat berbeda-beda (tergantung penciptanya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s