pembelajaran waktu Idul Adha

sholat ied

sholat ied

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Jumat, tanggal 26 Oktober 2012, umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha. Momen ini dimanfaatkan oleh Tim Pembina Keagamaan SMKN 1 Panji untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang tata urutan seremoni serta hikmah dari hari raya kurban ini.

Pagi sekali, jam 05.45 WIB, anak-anak telah banyak yang berkumpul di lapangan upacara membentuk shaf sholat. Tentu saja tidak seluruh siswa diwajibkan hadir, karena ada banyak siswa yang rumahnya terlalu jauh dan tidak mungkin tiba di sekolah tepat waktu. Ke arah timur batasnya adalah Asembagus, sementara ke arah barat batasnya adalah Klatakan. Ke selatan batasnya adalah Kalibagor, sementara ke utara adalah Mangaran. Tepat jam 06.00 WIB, sholat Ied dimulai dengan imam bapak Hasan Ainul Yakin dan khatib bapak Muzammil.

calon korban

calon korban

Selesai sholat dan khutbah, dilanjutkan dengan salam-salaman antara guru, karyawan dan siswa, dimulailah proses pemotongan hewan kurban. Tahun ini, ada 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing yang disembelih di SMKN 1 Panji. Setelah disembelih, daging sapi dibagi-bagi menjadi sekitar 250 bagian untuk dibagi-bagikan. Daging kambing dibagi menjadi sekitar 70 bagian.

calon jagal

calon jagal

Proses pembagian daging ini diserahkan sepenuhnya kepada para Pengurus OSIS SMKN 1 Panji, sementara para guru hanya mengawasi saja.

danke... bitte

danke… bitte

Banyak hal yang dipelajari oleh anak-anak SMKN 1 Panji dalam proses tersebut. Ada yang belajar menjadi jagal😛 , dan ada pula yang belajar menjadi mu’adzin. Selain itu, mereka semua juga belajar berbagi. Semoga ilmu-ilmu tersebut bermanfaat bagi mereka untuk kelak di kemudian hari. Amiiin ya Robbal ‘Alamin…

Guru-guru juga belajar banyak hal. Berbagi, tentu saja. Selain itu, para guru juga belajar kalau daging kambing itu agak sedikit berbahaya bagi kesehatan orang yang sudah tua >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s