Error 99 pada EOS 1000D saya…

penyerahan piala

penyerahan piala

Beberapa minggu terakhir, sejak Idul Adha, kamera saya mengalami sedikit gangguan. Saat tombol shutter ditekan, muncul tulisan Error 99, shooting is not possible… dan gambar yang diambil tidak tersimpan di card. Untuk mengatasinya, saya harus mematikan kamera, mengeluarkan baterai, memasukkan kembali baterai, dan kemudian menyalakan kembali kamera. Setelah melakukan prosesi yang cukup panjang itu, barulah saya dapat mengambil gambar selama sekitar 5 menit. Selepas 5 menit, saya harus melakukan kembali prosesi mengeluarkan dan memasukkan baterai… Capek euy😦

Karena masalah ini, saya harus mengeluarkan tenaga ekstra pada saat sedang bertugas mendokumentasikan kegiatan sekolah. Seperti pada waktu mengambil foto di atas itu. Ada 17 momen penyerahan piala, namun yang terfoto hanya sekitar 7-8 foto >_<

Waktu bertanya sana sini tentang Error 99 ini, petunjuk yang saya dapatkan adalah untuk melakukan pemeriksaan berikut:

  1. Lepas lensa, SD Card dan semua perangkat tambahan (dudukan tripod dan strap sepertinya tidak perlu dilepas) pada kamera.
  2. Coba mengambil gambar. Jika pada tahap ini muncul peringatan Error 99, maka masalah ada pada body dan tidak ada jalan selain membawa kamera ke tempat reparasi. Jika tidak muncul peringatan, lanjutkan ke tahap berikutnya.
  3. Pasang lensa, dan coba mengambil gambar. Jika muncul peringatan Error 99, maka masalahnya ada pada lensa dan lensa perlu dibawa ke tempat reparasi. Jika tidak muncul peringatan, lanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Pasang SD Card. Jika muncul peringatan, maka masalah ada pada SD Card. Untuk mengatasinya, cukup dengan menggunakan SD Card baru. Jika tidak muncul peringatan, maka masalah ada pada sesuatu yang lain dan kamera perlu dibawa ke tempat reparasi.

Kemarin, waktu saya menjalankan prosedur ini, permasalahan sepertinya terletak pada SD Card. Waktu SD Card saya keluarkan dari slotnya, kamera dapat mengambil gambar tanpa masalah. Karena itu, saya memutuskan untuk membeli SD Card baru. Alhamdulillah, lancar. Tidak ada masalah dengan pengambilan gambar. Dan saya dapat mengambil gambar banyak-banyak seperti biasanya. Yaaay \.o./

Tapi, tadi pagi, waktu saya mencoba mengambil gambar lagi, peringatan Error 99 muncul lagi >_<

Berarti saya harus membawa kamera ini ke tempat reparasi dong… Dan itu masih harus menunggu bulan Desember, waktu liburan ke Malang nanti. Masih lamaa…😦

Sabarrr…

Leave a Reply

