Modul 7 KKPI-Perangkat Lunak Basis Data (1)

pembagian raport

pembagian raport

Akhir semester tiba…

Para siswa harap-harap cemas menunggu pembagian buku raport yang memuat nilai-nilai yang mereka peroleh pada semester yang baru lalu. Sedikit yang menyadari bahwa sebelum raport itu dibagikan, para wali kelas harus bekerja esktra keras untuk menuliskan data pribadi siswa di buku-buku tersebut. Setelah selesai menuliskan data pribadi, para wali kelas tersebut masih harus menuliskan daftar nilai, peringkat dan memberikan sedikit catatan tentang siswanya, satu persatu…

Dalam menulis buku raport, ada beberapa hal yang krusial dan semuanya terkait dengan data.

Yang pertama adalah data pribadi siswa, berisi nama lengkap, nomor induk siswa, tempat tanggal lahir, alamat rumah, nama orang tua/wali, dan sebagainya (tergantung pada kebijakan sekolah, ingin mencantumkan apa saja di buku raport untuk siswanya). Apabila data ini tidak lengkap atau terjadi kesalahan penulisan, maka ada pekerjaan ekstra bagi wali kelas untuk menuliskan data yang tepat.

Data kedua adalah daftar nilai yang diperoleh siswa selama 1 semester. Di SMKN 1 Panji, ada 3 kelompok mata pelajaran, yaitu normatif, adaptif, dan produktif. Normatif adalah sama untuk seluruh kompetensi keahlian. Adaptif tidak selalu sama antara 1 kompetensi keahlian dengan yang lainnya (matematika untuk akuntansi berbeda dengan matematika untuk teknik). Sedangkan produktif adalah unik untuk setiap kompetensi keahlian.

penyusunan data

penyusunan data

Tidak boleh ada kesalahan dalam data yang diterima oleh wali kelas atau yang dituliskan di buku raport. Kalau ada kesalahan, maka penyusun data dan wali kelas akan mendapat teguran dari waka kurikulum. Karena itu, data yang ada harus divalidasi berulang-ulang sampai yakin betul.

Setelah buku raport dibagikan, data diri siswa harus dikembalikan ke bagian administrasi untuk disimpan, sementara data nilai siswa disimpan oleh wali kelas. Data diri siswa tersebut selanjutnya akan disalin ke Buku Induk Siswa yang nantinya akan disimpan oleh bagian arsip hingga siswa bersangkutan lulus. Data nilai disimpan sampai siswa bersangkutan naik kelas atau sampai akhir tahun pelajaran.

Penyimpanan data-data tersebut bukanlah hal yang mudah. Di gudang arsip SMKN 1 Panji, terdapat deretan lemari arsip yang menyimpan Buku Induk Siswa sejak dari awal berdirinya sekolah ini. Waktu Situbondo dilanda banjir bandang pada tahun 2002, SMKN 1 Panji tidak luput dari banjir. Demikian pula gudang arsip ini. Data yang ada pun banyak yang rusak terkena air.

Sejak berkembangnya komputer, telah dikembangkan perangkat lunak yang dapat menghasilkan, menyimpan dan menampilkan kembali data dengan mudah, yaitu perangkat lunak basis data. Perangkat lunak basis data yang diajarkan untuk siswa SMK pada pelajaran KKPI modul 7 adalah perangkat lunak Microsoft Access dan MySQL.

Tugas I untuk siswa XI APK 1 dan XI APK 2:

Posting lah tulisan tentang pengelolaan data di tempat prakerin kalian. Apakah sudah terkomputerisasi atau masih menggunakan sistem manual?

33 thoughts on “Modul 7 KKPI-Perangkat Lunak Basis Data (1)

  1. Assalamualaikujm.wr.wb
    maaf sbelumnya pak,,bginiii hikma da buat tugasnya tpi belum lengkap isi tugas yang baru saja hikma terbitkan
    tapiii akan segera hikma lengkapi,krna hikma masih nunngu adanya rapat yang memang betul” menggunakan suatu sistem komputerisiasi,seperti adanya penggunaan OHP untuk proses jalannya presentasi,,wasalam

  2. Assalamualaikum Wr. Wb.
    tugas KKPI saya sudah saya selesaikan dan sudah saya posting.
    silahkan bapak lihat di blog saya : elokwulandari.wordpress.com
    terima kasih.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  3. @ Semua…
    Kalian belum approve komentar saya di blog kalian masing-masing ya… Kok komentar saya tidak muncul. Untuk approve comments, masuk saja ke dashboard –> comments . Atau mungkin komentar saya masuk spam ya?
    Trus, masak yang ngerjain tugas hanya sekian orang saja… Yang lainnya mana nih?????????????

  4. Assalamualaikum WR.WB
    Pak Adit tugas saya sudah selesai. silahkan bapak lihat di blog saya : holifatulhasanah20.wordpress.com
    nama saya holifatul hasanah, no. absen 30. jangan salah letakkan nilainya ya pak. karena holifatul hasanah ada 2.
    Wassalamualaikum WR.WB

  5. Assalamualaikum….
    pak adit tugasnya sya sudah selesai. silahkan bapak lihat di dhinikirani.blogspot.com (dini nurazizah)
    wa’alaikumsalam

  6. assalamualaikum..
    terimakasih banyak atas tulisannya, semoga bermanfaat untuk kita smua yang membacanya, dan memnambah pengetahuan kita semua, sekilahnya bisa saling silaturahmi, silahkan kunjung ke blog saya. terimakasih

  7. wah.. tulisan anda sangat baik dan menambah pengetahuan dan informasi untuk saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang lainnya dan menambah wawasan. salam dari saya, terimakasih yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s