Seputar Pawai 1 Muharram di Situbondo

kontingen SMKN 1 Panji

kontingen SMKN 1 Panji

Pada hari Jumat, tanggal 16 Nopember kemarin, sebagai bagian dari rangkaian acara dalam rangka memperingati 1 Muharram 1434 H, di Situbondo diadakan acara pawai dengan tema ‘Batik Situbondo’, dimana pesertanya wajib mengenakan pakaian-pakaian yang dibuat dari kain Batik Situbondo. Pesertanya adalah kecamatan-kecamatan yang ada di Situbondo, yang diwakili oleh sekolah-sekolah yang ada di kecamatan bersangkutan. Dari Kecamatan Panji, diwakili oleh kontingen dari SMKN 1 Panji dan SMPN 1 Panji.

poto-poto

poto-poto

Acara berlangsung meriah dan heboh, dan mampu menarik perhatian masyarakat Situbondo untuk menonton. Penonton memadati jalan-jalan yang akan dilalui pawai, dan selagi menunggu mereka memanfaatkan waktu untuk narsis dan having fun bersama keluarga atau teman-teman dekat.

penonton

penonton

Hanya saja, banyak penonton yang kurang tertib, sehingga justru mengganggu jalannya pawai. Mereka tidak sabar ingin melihat peserta berikutnya, sehingga akhirnya sampai menutup badan jalan dan mengakibatkan peserta pawai tidak dapat lewat dengan leluasa. Coba lihat di foto tuh, jalan yang dapat dilewati peserta pawai sempit sekali, sehingga ada beberapa peserta pawai yang tidak optimal dalam menampilkan atraksi-atraksi yang telah direncanakan.

flash!

flash!

Beberapa penonton juga dengan seenaknya berjalan di depan kontingen, sehingga mengganggu jalannya pawai dan mengganggu para tukang foto yang berusaha mendokumentasikan kontingen sekolahnya masing-masing. Seperti contoh di foto terakhir itu. Kamera sebenarnya sudah siap untuk memotret pembawa nomor urut, yang kebetulan adalah kontingen SMKN 1 Panji. Eh, pada saat tombol shutter ditekan, tiba-tiba orang tersebut lewat dengan santainya. Pada saat itu, saya menggunakan flash dan bapak tersebut melihat ke arah kamera. Walhasil, dia jadi misuh-misuh karena silau, sementara saya sendiri ngomel-ngomel karena kehilangan momen untuk mengambil gambar pembawa nomor. Saya harus pindah tempat, naik motor mendahului kontingen SMKN 1 Panji agar dapat mengambil gambar yang saya inginkan.

Seandainya penonton lebih tertib, mungkin semuanya akan lebih baik ya…

NB :

Mengenai kejadian seputar foto terakhir itu, yang salah siapa ya sebenarnya? Tukang foto atau orang yang lewat dengan santainya itu? Kalau menurut saya sih, sebenarnya sama-sama salah. Saya kurang memperhatikan keadaan sekitar, sementara orang itu juga salah karena tidak peduli dengan lingkungan😀

Jadi, ya, salaman….. ^-^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s