tentang Taman Nasional Baluran …

Merak Baluran

Merak Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi. Binatang yang menjadi maskot di Taman Nasional ini adalah Banteng Jawa. Lah, terus.. kenapa foto yang dipajang pertama justru foto burung merak? Itu karena… waktu kemarin ke sana saya tidak ketemu sama satu banteng pun T_T . Ketemunya cuma burung-burung (merak salah satunya), monyet-monyet, dan rusa. Bahkan babi hutan yang biasanya banyak berkeliaran di Bekol (daerah sabana di tengah hutan Baluran) pun tidak kelihatan. Kebetulan waktu itu agak mendung dan di ambang hujan..

Ini bukan Bambi

Ini bukan Bambi 😀

Untung saja ada sekelompok rusa yang mejeng, mengobati kekecewaan saya dan teman-teman.

Taman Nasional Baluran ini, dari pusat kota Situbondo, dapat dicapai setelah menempuh perjalanan selama 1 jam-an. Lumayan dekat, tapi ironisnya banyak orang Situbondo yang tidak pernah masuk ke Taman Nasional itu. Dan, akhirnya, hanya bisa plonga-plongo saat ada orang bercerita tentang Taman Nasional Baluran. Saya sendiri, alhamdulillah, sudah beberapa kali pergi ke sana ^-^

Saya masih ingat, waktu pertama kali pergi ke sana. Waktu itu, saya masih SMA, bareng dengan 9 teman sekelas nyewa L-300. Motivasi kami, waktu itu, karena kami tidak ingin kagok saat ditanyai tentang Taman Nasional Baluran oleh orang Prancis yang akan datang ke sekolah kami 😀

di antara akar bakau…

Yang kedua, saya masih ingat tanggalnya; 2 Januari 2010. Masih ingat, karena waktu itu pertama kali saya membuat proyek pembuatan film bersama anak-anak TV Edukasi SMKN 1 Panji 😀

Dan, yang ketiga, ya yang kemarin itu (28 Mei 2013) … Alasannya adalah dalam rangka mengadakan survey lapangan untuk sebuah proyek…

Ada satu yang tidak berubah dari semua kunjungan saya itu. Jalan menuju ke pusat hutan Baluran masih saja rusak >_< . Informasinya sih, rusaknya jalan itu memang disengaja. Agar kendaraan yang lalu lalang tidak dapat melaju terlalu kencang, sehingga penumpangnya dapat menikmati suasana hutan dengan tuma’nina. Dan, resiko hewan tertabrak juga semakin kecil… 😀

Anyway… Posting ini sebaiknya saya akhiri dengan himbauan kepada semua anak SMKN 1 Panji… Ayo, ke Baluran!!!

Leave a comment